Dunia Fintech di Indonesia dan Penjelasannya | Teori Sains

 Dalam dunia yang semakin modern ini, semua berlomba – lomba untuk menciptakan suatu kemudahan. Salah satunya dalam dunia fintech. Fintech merupakan singkatan dari financial technology, fintich adalah jenis perusahaan dibidang keuangan yang digabungkan dengan teknologi untuk mempermudah dan mempercepat berbagai aspek layanan keuangan. Semua berlomba membangun kemudahan transaksi baik di dunia maya ataupun dunia nyata. Banyak merchart yang menggunakan keuangan digital untuk mempermudah transaksinya. Selain mudah digunakan keuangan digital juga berlomba - lomba untuk mempromosikan layanan keuangan digital mereka (LDK).





Baca juga : apa yang dimaksud dengan fintech?

Jenis – jenis fintech antara lain:

1. Peer-to-Peer (P2P) Lending dan Crowdfunding

Dikatakan sebagai marketplace financial. Platform ini mampu menjembatani pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang memberikan dana sebagai modal atau investasi. Biasanya proses P2P lending ini lebih praktis dan mudah karena dilakukan dengan online.

2. Manajemen Resiko Investasi

Dalam jenis ini anda biasanya melakukan perencanaan keuangan dengan sangat mudah dan praktis. Jenis ini biasanya hadir dan bisa di akses dengan menggunakan smartphone anda. Anda hanya perlu memberikan data yang diperlukan untuk mengelola keuangan anda.

3. Payment, Clearing, dan Settlement

  Terdapat beberapa startup financial yang menyediakan payment gateway atau ewallet yang mana kedua produk tersebut masih termasuk dalam kategori payment, clearing, dan settlement.

Baca juga : Pandemi COVID-19 Lambungkan Popularitas Fintech di Indonesia

4. Market Aggregator

Terdapat fintech saat ini mengacu pada portal yang mengumpulkan beragam informasi terkait keuangan untuk disuguhkan ke target atau pengguna. Biasanya fintech jenis ini berisi berbagai informasi, tips keuangan, kartu kredit dan investasi. Dengan aplikasi ini bertujuan agar anda dapat menyerap berbagai informasi sebelum mengambil keputusan terkait keuangan.

Beberapa aplikasi dompet digital yang paling sering digunakan di indonsia antara lain:

1. OVO

OVO adalah sebuah aplikasi yang memberikan anda layanan transaksi secara online (OVO Cash). Anda juga bisa berkesempatan untuk mengumpulkan point setiap anda melakukan pembayaran menggunakan ovo.

2. GOPAY

Gopay adalah dompet digital yang terdapat dalam aplikasi gojek Indonesia.kamu dapat membayar layanan gojek, makanan di restoran hingga belanja online menggunakan gopay.

Baca juga: Game Penghasil Saldo Gopay, Ini Dia Daftar Game yang Legit

3. DANA

Dana adalah dompet digital Indonesia yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi lebih mudah dan praktis baik online maupun offline dan dijamin keamanannya.

0 Response to "Dunia Fintech di Indonesia dan Penjelasannya | Teori Sains"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel